Selasa, 05 Mei 2009

Duanwu Jie

Duanwu Jie (端午节) atau di Indonesia dikenal dengan sebutan festival Peh Cun
Peh Cun adalah dialek hokkian untuk kata pa chuan (扒船) yaitu mendayung perahu.
Bakcang menurut legenda pertama kali muncul pada zaman Dinasti Zhou berkaitan dengan simpati rakyat kepada Qu Yuan
(屈原) yang bunuh diri dengan melompat ke Sungai Miluo. Pada saat itu, makanan2 dilemparkan rakyat sekitar ke dalam sungai untuk mengalihkan perhatian binatang di dalam sungai supaya tidak memakan jenazah Qu Yuan. Kemudian untuk menghindari makanan tersebut dimakan oleh naga dalam sungai maka rakyat membungkusnya dengan daun2an yang sekarang dikenal sebagai bakcang. Rakyat yang merasa sedih kemudian berperahu mencari jenazah di sungai tersebut.
Festival peh cun ini dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan China. Pada perayaan festival ini yang biasa dilakukan adalah makan bakcang dan perlombaan dayung Perahu naga (dragon boat).


Bakcang
Bakcang dalam bahasa mandarin disebut rouzong 肉粽 atau zongzi 粽子 adalah makanan tradisional masyarakat China. Kata 'bakcang' berasal dari dialek Hokkian.
Bakcang secara harfiah berarti cang yang berisi daging, namun sekarang ini, bakcang juga ada yang berisikan sayur-sayuran atau kosongan.
Bakcang dibuat dari beras ketan sebagai lapisan luar; daging, jamur, udang kecil, seledri dan jahe sebagai isi. Ada juga yang menambahkan kuning telur asin. Untuk perasa biasanya ditambahkan sedikit garam, gula, merica, penyedap makanan, kecap dan sedikit minyak nabati. Pembungkus dan tali pengikatnya dengan menggunakan daun bambu panjang yang direbus terlebih dulu (biar higienis). lalu diikat berbentuk prisma segitiga.
Nah bukan China kalau tidak membuat produk awetannya. Sekarang banyak lho yang menjual produk awetannya. Seperti foto di bawah ini:


jenis awetannya..

Lomba Perahu Naga
Rakyat yang mencari-cari jenazah sang menteri dengan berperahu akhirnya menjadi cikal bakal dari perlombaan perahu naga setiap tahunnya.
Perlombaan ini masih ada sampai sekarang dan diselenggarakan setiap tahunnya baik di China Daratan, HongKong, Taiwan maupun di AS. Bahkan ada perlombaan berskala internasional yang dihadiri oleh peserta-peserta dari manca negara. Perahu naga ini biasanya didayung secara beregu sesuai panjang perahu tersebut. (sumber data: wikipedia)

0 komentar:

Posting Komentar