Sabtu, 02 Mei 2009

Libur hari buruh di China

Hari Buruh Internasional di China (wu-yi) ditandai dengan libur nasional yang dimulai tanggal 1-3 Mei 2009. Liburan kali ini tidak sepanjang liburan tahun2 lalu. Padahal tahun lalu, libur hari buruh lamanya seminggu sehingga sering disebut dengan "Golden Week" yang sering dipakai oleh warga China untuk bertamasya.
Hampir semua sekolah, kantor pemerintahan dan swasta libur untuk memperingati hari ini, karena Hari Buruh merupakan hari libur nasional dan merupakan hari libur yang sudah berlaku sejak lama.
Bis kota dan MTR yang pada pagi hari kerja sangat padat dan berjubel, kali ini tampak lengang. Kantor pemerintahan dan swasta serta perbankan pada jalan-jalan di Guangzhou tampak tertutup rapat untuk mengormati Hari Buruh. Tetapi toko2 dan pusat perbelanjaan seperti mal2, beijing lu, shangxiajiu lu, gangding, martys park, baima tetap buka seperti hari biasa. karena menurut mereka, di tiga hari ini pengunjung malah akan mebludak karena tempat perbelanjaan merupakan tujuan warga dalam menghabiskan liburan.

0 komentar:

Posting Komentar