Jumat, 17 Juli 2009

Hongkong oh hongkong..

Sama seperti kota di china lainnya, transportasi di Hongkong yang utama adalah jalan kaki. Berjalan kaki menyusuri Hongkong lumayan asyik. Dengan berjalan kaki, kita akan leluasa menyusuri jalanan dan 'menyeberangi' gedung-gedung pencakar langit. Nah kalo udad capek jalan baru angkutan umum menjadi pilihan terbaik. Selain trem, bus, dan taksi, Mass Transport Railway (MTR) merupakan angkutan umum yang menghubungkan seluruh wilayah Hongkong.

Perjalanan kita kali ini menghabiskan waktu 3hari 2malam. Kita menginap di hotel ramada dengan harga yang cukup terjangkau (kabarnya gara2 ada flu babi yang merebak di Hongkong makanya harga2 hotel jadi murah).

Hari pertama
IFC mall
Hongkong, seperti halnya kota-kota besar lainnya di dunia, juga memiliki banyak pusat perbelanjaan yang memajang aneka produk bermerek terkenal. Bahkan, Hongkong disebut-sebut sebagai surga wisata belanja. Salah satu mal terbesar di Hongkong adalah IFC mal ini. Di mal ini merek2 kelas dunia bertebaran dimana2.

Victoria peak
The Peak adalah puncak bukit tertinggi di Hongkong. Dari sana, seluruh wajah Hongkong telihat. Mulai dari taman, belantara pencakar langit, sampai pelabuhan. Malam hari memang merupakan saat terbaik untuk menyaksikan panorama indah ini. Sayangnya, kabut kerap menutupi wilayah ini. Untuk ke Victoria Peak ini kita menggunakan tram. Harganya 33 HKD (PP). Tram ini berjalan dengan kemiringan 45 derajat selama kurang lebih lima menit.

Jalan2 ke the peak, ga lupa kita ke Museum Madame Tussaud yang membekukan sejarah melalui patung lilin. Museum ini berada di salah satu mal yang ada di the peak.
Memasuki pintu museum kita disambut oleh Jacky Chan (sayangnya kalo mau foto sama patung yang satu ini harus membayar sejumlah uang).
Selanjutnya masuk ke ruangan 'penyambutan'. Ruangan itu dibuat seolah para pengunjung Museum Madame Tussaud adalah para artis yang baru datang di sebuah tempat dan diserbu wartawan.
Setelah melewati ruang yang dipenuhi 'paparazzi' itu, barulah kita bisa bertemu dengan para aktor dan artis. Mulai dari angelina julie, brad pitt, Julia Roberts, britney, eddi murphy, andy lau, pemeran james bond, johny deep, dll.

Setelah melewati sejumlah artis itu, qta ke ruangan yang menampilkan patung-patung lilin sejumlah tokoh dunia. Mulai dari Presiden AS George W Bush, Bill Clinton, Saddam Hussein, Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev, dan Adolf Hitler.

Baru berjalan bentar muncul musisi legendaris Mozart dengan biolanya, di depannya ada Madam Tussaud. di kanan ada MaoZedong, SunYatsen. Patung Presiden China sekarang, HuJintao, juga terlihat begitu natural seakan baru turun dari pesawat.

Ruangan selanjutnya adalah tempat para atlit. Yang menarik, sebelum berpose dengan para pemain bola itu, seorang penjaga gawang si Ronaldinho akan menawari Anda untuk menendang bola ke sebuah gawang kecil. Ada juga si Tiger Wood sedang jongkok melihat lubang yang bisa digunakan oleh anak-anak memasukkan bola di hole. Selain mereka Yao ming, atlet basket China pun ikut mejeng di tempat ini.

Setelah itu, saatnya bertemu dengan anggota keluarga besar Kerajaan Inggris. Ada keluarga Pangeran Charles yang didampingi Camilla dan kedua anak lelaki mereka, William dan Harry. Berhadapan dengam keluarga calon Raja itu adalah mendiang Putri Diana.
Di tengah-tengah, di antara keduanya adalah patung lilin Ratu Elizabeth. Di belakang sang ratu, berdiri seorang pengawal yang berpakaian seragam warna khas merah. Ratu didampingi oleh suaminya, Pangeran Philip.

Lalu kita bertemu dengan para tokoh politik dan agama. Mulai dari Vladimir Putin, Margareth Teacher, Fidel Castro, hingga Paus Johanes Paulus II serta Dalai Lama. Mengakhiri museum patung lilin itu muncul sederetan artis Hong Kong seperti Anita Mui, theresia deng, dll.

Kunjungan di museum ini berakhir ketika Anda mencapai ruang yang berisi berbagai souvenir bercap 'madame tussaud'. Sebenarnya, barang-barang yang dijual hampir sama dengan di banyak toko souvenir di berbagai lokasi di Hong Kong. Yang membedakan adalah tulisan 'madame tussaud' itu dan tulisan itu pula yang membuat harga barang-barang yang dijual di sana menjadi lebih mahal ketimbang barang sejenis di luar.


Hari kedua
Ocean park
Kita menghabiskan waktu sepanjang hari ke OCEAN PARK. Transportasinya kita naek MTR turun di Admiralty exit B kemudian lanjut dengan Bus No. 629.
Ocean Park merupakan akuarium dan theme park terbesar di Asia Tenggara. Di sini dibagi menjadi 6 area utama, yakni Lowland Gardens, Kid's World, Marine Land, Headland Rides, Adventure Land dan Bird Paradise.

Sampai di Ocean Park, kita disambut dengan tema pre historic summer splash. Lengkap dengan dinosaurus dan manusia purbanya. Trus kita lanjut menjelajahi Headland (bagian atas) di mana banyak permainan pemacu adrenalin seperti Abyss Turbo Drop, Mine Train, dan Dragon Roller Coasters, Sayangnya pas kita kesini papan typhoon 3 dipasang. Yang artinya semua permainan termasuk cable car dan balon udara ditutup. Menyebalkan!! Di sini kita juga menyaksikan atraksi lumba2 dan anjing laut di Ocean Theatre (berhubung hujan deras makanya ini satu2nya atraksi yang bisa ditonton.. Sebelumnya atraksi ini juga uda di delay gara2 cuaca g memungkinkan).

Berhubung di atas ga ada permainan yang buka kita turun ke lowland.. Seharusnya untuk kesana kita naik cable car.. Tapi.. berhubung cable carnya juga ga boleh dipake, makanya kita balik ke pintu masuk dan naik bus yang sudah disediakan ke area low land. Di area ini yang tidak boleh dilewatkan adalah Hong Kong Jockey Club Giant Panda Habitat dengan dua panda raksasa yang selalu jadi pusat perhatian, An An dan Jia Jia. Lumayanlah mengobati kekecewaan kita..

Avenue of star
Di kawasan Tsim Sha Tsui, ada jalan yang mengabadikan jejak telapak tangan para selebritis Hong Kong. Di sini kita bisa temukan nama-nama seperti Bruce Lee, Jet Li, hingga Andy Lau.
Avenue of Stars yang dibuat dengan mengacu pada Hollywood Walk of Fame, dibangun oleh penggiat pariwisata Hong Kong sebagai penghargaan atas selebritis merek plus untuk menaikkan pendapatan di sektor wisata. Selain jalan yang mencetak telapak tangan para pesohor itu, kawasan ini juga dilengkapi dengan Museum of Art, Cultural Centre dan Clock Tower.
Lalu kita bisa saksikan Symphony of Lights di sepanjang Avenue of Stars. Ini adalah pertunjukan multimedia sinar laser, musik selama sekitar 15 menit. Pertunjukan yang spektakuler, berlangsung setiap malam, pada pukul 20.00.


Hari ketiga
Giant Buddha
Patung Budha raksasa yang terbuat dari perunggu ini terletak di daerah pegunungan di Lantau Island.Di seberang lokasi Giant Buddha terdapat kuil dan biara Po Lin, yang dipenuhi oleh para peziarah dan turis.

Victoria park-causewaybay
merupakan tempat ngumpulnya orang indo di hongkong. Pada hari minggu atao hari libur dijamin lokasi ini mirip dengan pasar Indo. Banyak orang berjualan makanan khas indo mulai gorengan, krupuk, rujak, bahkan nasi bungkus pun ada di sini. Selain itu di lokasi ini terdapat beberapa swalayan Indo yang menjual berbagai macam produk khas Indo. Jadi buat orang Indo yang kangen dengan produk2 khas Indo langsung aja datang ke swalayan ini. Meskipun harga yang dibandrol jauh lebih tinggi, tapi pantas lah klo dihitung dengan ongkos kirim dari Indo ke Hongkongnya.

Modern toilet di mongkok
Makan di toilet??
Bukan hal yang mejijikkan lagi.. Ini sudah kita buktikan saat makan di restoran yang didesain menyerupai toilet. Ada bathtub (sebagai meja), WC (sebagai kursi), boneka eek'an plus piring dan gelas dengan bentuk seperti perangkat yang sering kita jumpai di toilet. Ditambah dengan musik flushing ala toilet pasti menambah nafsu makan.. wkwkwk..

Ternyata Hong Kong memang punya beragam pilihan tempat wisata, bukan cuma toko-toko yang menjual fashion items dari merek-merek ternama, namun juga memiliki berbagai obyek menarik yang edukatif.
Next trip, go to shenzhen.. Mau tau kelanjutannya?? Tetep ikutin blog ini..

1 komentar:

  1. hi, lam kenal.
    mau tanya tentang modern toliet hongkong dong, rencana mau kesana bln depan. alamatnya sih sudah dapat : MPM building lt 3, portland street bnr gak ya? nah yg kita bingung, cara menuju kesananya setelah turun mtr mongkok exit e1..

    bisa minta penjelasan? ato klo ada lewat rute mana yg sudah disinggahi selain di atas??

    tks sblmnya

    BalasHapus