Rabu, 09 September 2009

Meniti tembok besar

Kata orang ke China belum lengkap klo ga mampir ke Beijing. Selain sebagai ibu kota, Beijing merupakan salah satu kota terunik di dunia. Di sinilah tempat dibangunnya Tembok China, yang merupakan salah satu keajaiban dunia. Makanya di hari kedua kita rombongan tour diajak ke Chang Cheng alias tembok China yang terkenal itu.

Tembok China atau yang lebih di kenal dengan nama Greatwall yang memiliki panjang 7.300 kilometer ini melintang dari barat ke timur, mulai dari Shanhaiguan Pass dekat Bo Hai di teluk Bo Hai sampai Jisayuguan Pass yang kini terletak di provinsi Gansu.
Tembok ini melintasi wilayah Liaoning, Hebei, Tianjin, Beijing, Shanxi, Inner Mongolia, Shaanxi, Ningxia, dan Gansu.
Diperkirakan tembok yang dibangun untuk mempertahankan diri ini mulai dibangun oleh Dinasti Zhou (770 SM - 476 SM). Sedangkan tahap akhir pembangunan tembok dilakukan di masa Dinasti Ming (1368 - 1644).

Untuk naik ke atas, para pelancong harus mendaki tangga lumayan curam yang hanya memiliki pegangan di tengah. Sebaiknya yang naik ini adalah pengunjung yang fit tubuhnya, karena kita harus menaiki beribu2 tangga yang curam dan licin.
Di sisi lain pagar, ada beberapa orang yang menjual suvenir atau minuman. Jadi kalo sudah bener2 kelelahan pengunjung bisa langsung membeli minuman tsb.

Menguras tenaga memang.. Tapi, pemandangan dari atas dan kepuasan diri sudah menaklukkan tembok besar China dapat membayar pengorbanan kita itu.

0 komentar:

Posting Komentar