Jumat, 04 September 2009

Ensiklopedia makanan - QuanJuDe beijing kaoya

Menu yang paling terkenal di beijing adalah bebek peking. Sampai2 ada pepatah yang mengatakan, "Anda belum ke Beijing apabila belum ke Tembok Besar dan makan bebek peking".
Jaman dulu, menu ini pernah jadi hidangan khusus bagi kaisar dan kalangan bangsawan. Tapi sekarang menu kaisar Cina tersebut bisa dinikmati di seluruh dunia.

Kata si waitress, bebeknya bukan sembarang bebek, tetapi yang diternakkan khusus. Cara memasaknya juga unik, harus melalui suatu tahapan tertentu sebelum menjadi hidangan di meja tamu restoran plus atraksi koki yang memotong bebek itu di depan pembelinya secara live.
Yang disajikan adalah sepiring kulit 'spesial' (yang dimakan langsung lumer di mulut dan terasa sangat crispy), sepiring daging plus kulit bebek yang sudah dipotong2, plus kuah hasil rebusan tulang bebek.
Cara makannya, bebeknya ditaruh di adonan seperti kulit lumpia plus daun bawang en timun trus dkasih bumbu khusus yang bewarna kecoklatan... Menurutku rasanya standar2 saja, dibilang enak ya enak, tapi tidak sespektakuler bayangan di otakku.. hehe..

Banyak restoran yang jual bebek ini
Di Beijing, restoran bebek peking yang paling terkenal ya QuanJude ini, karena namanya yang paling populer ga heran kalo seporsi bebek peking ini mencapi angka RMB200, belum lagi ditambah kulit pembungkus, daun bawang, timun, sausnya yang semuanya dijual secara terpisah.
Nah, kalo mau coba makan bebek ini tapi tidak mau merogoh kantong terlalu dalam, kita bisa makan di restoran yang lain. karena di beijing banyak sekali berdiri restoran yang menjual bebek khas kota Beijing ini, dengan harga yang lebih murah pastinya..
Jadi klo ke Beijing, ga ada ruginya kok nyobain menu yang satu ini. Bagi teman2 yang uda pernah nyobain bebek ini, gimana tanggapannya?? Menurut kalian enak ga??

0 komentar:

Posting Komentar