Kamis, 01 Oktober 2009

Zhong Guo 60 tahun..

Hari ini tanggal 1 oktober adalah hari kemerdekaan china. China merdeka pada tahun 1949, dan tahun ini adalah peringatan 60 tahun china merdeka.
Melalui CCTV 1 kita menonton peringatan resmi 60 tahun berdirinya China. Upacara dimulai dengan tembakan meriam 60 kali di Lapangan Tiananmen, Beijing. Tidak kurang dari 100.000 orang berbaris di Tian an men menunjukkan rasa cinta pada bangsanya. Presiden Hu Jintao mengenakan pakaian mirip seperti pendiri China, Mao Zedong, menginspeksi ribuan tentara, ratusan tank, dan persenjataan canggih lainnya di mobil beratap terbuka.

Biasanya, inspeksi pasukan seperti ini tidak disertai kata-kata apa pun. Pasukan dan inspektur upacara hanya saling memberi hormat. Di China, Setiap pasukan yang dilewati presiden selalu serentak berteriak memberi hormat. Lalu, presiden berteriak: tong shi men hao! Pasukan membalas: shou zhang hao!
Di depan pasukan yang lain, presiden berteriak: tong shi men xin ku le! Jawabannya: wei ren min fu wu! Dan seterusnya, setiap melewati sekompi pasukan presiden mengucapkan kalimat tersebut secara bergantian.

Di antara persenjataan itu adalah barisan rudal Dongfeng 31, yang menurut CCTV 1 mampu membawa hulu ledak nuklir hingga sejauh 10.000 kilometer.

Selama dua jam upacara, tidak kurang dari 500 helikopter dan pesawat tempur buatan China terbang di atas Tian an men. Sesudah upacara, ganti kendaraan hias yang berparade sepanjang jalan utama depan Tian an men. Parade itu menampilkan produk pertanian, pengorbit Bulan, lalu lintas yang maju, pendidikan sampai stadion yang digunakan untuk olimpiade 2008 lalu. Foto raksasa Mao, Deng Xiaoping, dan Hu Jintao plus kalimat2 khasnya juga tidak ketinggalan.

Tidak hanya itu, pesta kembang api dan hiburan digelar pada malam harinya. Jumlah personel yang dikerahkan untuk malam ini juga sangat banyak.. Memenuhi lapangan Tian An Men. Tapi mereka sudah tidak nampak seperti kumpulan manusia lagi, melainkan sudah menjadi tulisan dan bunga aneka bentuk. Ini karena semua orang yang ada di sana membawa rumbai warna-warni. Yang selalu berubah sesuai dengan kode yang diinstuksikan..

Sungguh menakjubkan.. Hanya untuk upacara kemerdekaan, China mengadakan acara semewah dan sespektakuler ini.. Wow!!

0 komentar:

Posting Komentar