Rabu, 03 Februari 2010

Seputar tahun baru China

Tahun baru imlek dirayakan hampir di seluruh dunia. Tidak heran, itu karena 1/5 penghuni bumi merupakan etnis China. Perayaan Imlek sebenarnya adalah perayaan yang dilakukan para petani di China untuk menyambut datangnya musim semi. Karena di saat musim dingin mereka sangat menderita. Udara yang dingin menghambat aktifitas dan membuat sawah2 tidak produktif. Sehingga ketika musim mulai berganti mereka mengadakan pesta untuk merayakannya.

China punya sistem kalender tersendiri. Sama halnya dengan sistem kalender masehi, kalender china juga menggunakan referensi revolusi bumi terhadap matahari, yakni 1 bulan terdiri dari 29 atau 30 hari. Dalam setahun terdiri dari 355 hari atau 385 hari (tahun kabisat).
Tahun 2010 ini, tahun baru imlek berusia 2561 tahun.

Perayaan Imlek dimulai pada tanggal 30 bulan ke-12 dan berakhir pada tanggal 15 bulan pertama. Acaranya meliputi sembahyang Imlek, sembahyang kepada Sang Pencipta, dan perayaan Cap Go Meh.

Biasanya penyambutan Imlek diisi dengan bersih2 rumah, menghias rumah dan memperbaiki diri, dengan cara memakai pakaian baru. Selain itu bagi yang merayakan imlek mereka akan berkunjung ke rumah saudara dan teman. Dan yang paling ditunggu adalah pembagian angpao. Angpao ini hanya boleh diterima oleh orang yang belum berkeluarga saja.

0 komentar:

Posting Komentar