Selasa, 14 April 2009

Alasan tinggal di Guangzhou

Kenapa aku memilih tinggal di Guangzhou?
Pertama karena letaknya yang strategis, Guangzhou (广州) adalah ibukota Propinsi Guangdong yang merupakan salah satu kota terbesar di China yang paling dekat dengan Indo (kalau homesick bisa cepet2 pulang-回国) dan yang paling penting Guangzhou dekat dengan Hongkong dan Macau(setiap saat bisa bolak balik ke sana tanpa harus habis cost yang banyak plus menambah koleksi stempel di passport.. 很好玩儿) hehe...

Kedua,karena makanannya enak dan tersohor di dunia, sehingga tidak berlebihan rasanya muncul sebutan “Makan di Guangzhou (吃在广州)”yang sudah amat terkenal sejak lama. Selain rasanya yang cocok di lidah orang Indo, makanan di Guangzhou juga rata-rata lebih murah daripada di Indonesia. Apalagi makanan di kantin sekolah (食堂).murah bangggetttt...
Biasanya kita makan di kantin kalau uang kiriman ortu sudah menipis, karena makan di kantin sekolah berarti harus siap2 menyesuaikan lidah dengan rasa yang kurang bersahabat (baca:ga enak).

Ketiga,Guangzhou yang disingkat menjadi 粤 Yue ini suhu udaranya paling bersahabat dengan tubuh orang Indo. apalagi musim semi seperti sekarang ini, 15-20 derajat.现在不冷不热,很舒服.

Guangzhou adalah kota ketiga yang paling padat penduduknya di China sehingga tidak heran kalau penuh dengan gedung-gedung apartment dan kantor yang tinggi.
Jalanan di guangzhou (terutama pada jam berangkat dan pulang kantor)sangat padat, penuh dengan taxi, bus, dan kendaraan pribadi. Sepeda motor dilarang di jalanan dalam kota Guangzhou (coba bayangkan kalau diperbolehkan.... bisa2 semalaman di jalan ntar) hehehe..

Karena statusku adalah pelajar yang belum berpenghasilan maka transportasi sehari-hari menggunakan transportasi umum. Biasanya sih naik taxi, bus, dan MTR (地铁). Nah, biar tidak repot mengeluarkan uang dan menunggu kembalian tiap kali naik MTR atau bus, aku membeli sebuah kartu yang bernama 羊城通(YangChengTong).


MTR alias ditie (地铁)

Nah skalian pamer kartu MTR-ku yang baru, yang lama sudah diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab (baca: pencopet). Kartuku yang baru ini adalah salah kartu yang unik, edisi khusus guangzhou xiangjiangsafari park, juga karena ukuran yang tidak biasa, kayak kartu kredit mini itu lho..


tampak depan


tampak belakang

Kartu ini mirip kartu Timezone, yang bisa diisi ulang. Jadi setiap kali naik bis atau MTR tinggal menggunakan kartu ini (titt...) dan uang yang ada di kartu berkurang secara otomatis.
Lebih enak tinggal di Guangzhou kan daripada di tempat laen?? Ada yang berminat?? hehehe..

0 komentar:

Posting Komentar