Kamis, 30 April 2009

Ensiklopedia Makanan - DoufuHuaTang

Doufuhuatang (豆腐花汤)
atau lebih sering disebut douhua (豆花) adalah sebuah makanan kecil tradisional di China. Douhua erat hubungannya dengan tahu karena bahan dan cara pembuatan yang hampir sama. Kacang kedelai yang diperas menghasilkan susu kacang kedelai. Ke dalam susu ini kemudian ditambahkan sedikit agar-agar untuk menghasilkan bentuk yang lebih padat namun lunak, dan rasanya seperti pudding gitu..
Nah di zhongguo ini orang lokal biasanya menghidangkannya bersama dengan air gula. karena kebanyakan dari mereka kurang suka dengan rasa pedas, ga seperti orang di Indo yang biasa menikmatinya dengan air gula jahe. Akan tetapi kalau mau menambahkan dengan air jahe, ya halal2 saja, sang penjual sudah menyiapkannya di teko kecil. Oh ya, di sini kita dipersilahkan mengambil sendiri gula dan air jahenya lho, jadi mau manis atau enggak terserah keinginan pembelinya.
Harganya juga terbilang murah, dengan RMB 1,5 semangkuk douhua sudah di tangan.
Douhua ini enak disantap saat musim dingin.. Lumayan untuk ngangetin badan dan ngilangin masuk angin…
Yang membuat terkagum2, barang apa sih yang ga bisa di-instantin ma China. Douhua ini juga salah satunya lho, di supermarket2 sangat banyak dijual bubuk pudding susu kedelai yang instant… Weleh2..

0 komentar:

Posting Komentar