Kamis, 23 April 2009

Ensiklopedia Makanan - Shaokao

Tentang makanan lagi.. hahaha.. Apa ya??
Hari ini tentang makanan yang barusan dimakan buat dinner aja ya, shaokao, mianjin, en pelengkapnya bolou pijiu..

Shaokao 烧烤
Kalau diartiin secara kasar bisa jadi shao kao itu barberque ala china. Makanan ini baru enak dimakan pas malam ditemani dengan udara dingin guangzhou. (bukanya emang malam sih). Makan di ruangan terbuka sambil bersenda gurau dengan teman pasti asyik..
Jenisnya macam2 ada terong, jagung, mantou, tahu, paha ayam, sayap ayam, jamur2an, tiram, kerang, sate sapi/babi, sosis, dan semacamnya. Semuanya itu diolah dengan diberi bumbu, bawang dan dibakar trus disajikan dalam bentuk sate (ditusuk-tusuk gitu).
Selain rasanya yang enak plus bikin ketagihan, harganya yang murah menjadi alasan pertama kenapa kita memilih shakao sebagai makan malam hari ini.
Oh ya, Meskipun tadi yang makan 10 orang, kita cuma bayar ga lebih dari RMB 100.

Mianjin 面筋

Yang satu ini side-dish, makanan pelengkap saat makan shao kao. Anak2 paling demen ama makanan yang satu ini. Makanan ini namanya mianjin 面筋 (semoga ga salah tulis hanzinya).
Katanya sih, ini semacam kulit tahu yang digoreng trus dikasih saos sambal di atasnya. Harganya RMB 5-10, tergantung besar kecil porsi.



Boluo pijiu 菠萝啤酒
Nah ini dia sebagai pelengkap makan shaokao, kita ga pernah lupa beli boluo pijiu 菠萝啤酒 alias bir nanas. Dengan persentase alkohol yang sangat sedikit dijamin tidak akan membuat mabuk.
tapi rasanya... hmmm nikmat banget..

Shaokao, mianjin, plus boluo pijiu.. emang tiada duanya.. Yummy!!

0 komentar:

Posting Komentar