Minggu, 12 April 2009

Katedral Guangzhou

Gerejaku sementara selama berada di Guangzhou. Perjalanan menuju gereja ini lumayan jauh, kurang lebih satu jam (ganti MTR 3 kali).
Gereja ini merupakan gereja katolik satu-satunya (setahuku) di Guangzhou yang terletak di jalan 一得路 (yi de lu).

Gereja katedral bergaya ghotik ini dikenal juga sebagai "Stone House Cathedral" atau dalam bahasa mandarinnya 石室 (shishi).
Orang lokal menyebut demikian karena sebagian besar bangunannya dibuat dengan batu.

Karena bentuk gereja yang unik dan merupakan salah satu obyek wisata kota Guangzhou maka umat yang misa di gereja ini bukan hanya orang lokal saja, tetapi juga banyak turis yang sedang berwisata dan warga asing yang tinggal di guangzhou juga beribadah di gereja ini. Apalagi misa minggu sore yang berbahasa inggris, kebanyakan umatnya orang kulit gelap. (bukannya mau rasis lho..)
Apabila mengikuti misa minggu sore, kita harus bener2 tertib. Yang cewek ga boleh pake baju tanpa lengan dan terbuka. Kalau itu dilanggar, siap2 saja disuruh pake syal yang telah disediakan sepanjang misa berlangsung. Selain itu kita ga boleh berbicara, main HP, tidur, ataupun menginjakkan kaki di tempat kita berlutut. Nah, kalo hal itu kita lakukan, kita bakalan ditegur en dimarahi ma petugas Tatib yang juga berkulit gelap dan pastinya besar banget badannya.. Seremm..


suasana di dalam gereja


tempat air suci

Misa di gereja ini dipersembahkan dalam 3 bahasa yaitu cantonese, mandarin, dan bahasa inggris.

Jadwal misa:
Sabtu
Pk 19.30 (mandarin)
Minggu
misa 1: Pk. 6.30 (cantonese)
misa 2: Pk. 8.30 (cantonese)
misa 3: Pk. 10.30 (mandarin)
misa 4: Pk. 15.30 (inggris)
Misa harian
misa 1: Pk. 6.30 (cantonese)
misa 2: Pk. 7.00 (cantonese)


gua maria di samping kanan gereja

Transportasi
MTR terdekat adalah HaizhuSquare (exit B2)
Bus: 4, 8, 61, 82, 86, 238, 823, 16(malam), 33(malam)

0 komentar:

Posting Komentar