Sabtu, 11 April 2009

Pengalaman pekan suci di Guangzhou (1)

Pekan suci di Guangzhou..
Minggu Palma atau 基督苦难主日,圣枝主日
Ini pertama kalinya pekan suci di guangzhou.. kali ini misa pasti berbeda dengan misa2 pekan suci tahun sebelumnya. karena misa kali ini dipastikan menggunakan 汉语. (meskipun agak ga mudeng tapi ya gimana lagi, the show must go on..) Misa seharusnya dimulai pk10.30.. tapi berhubung kitanya yang agak lelet jadinya ya telat 5 menitan.. biasalah menjaga budaya jam karet..

Di depan gereja kita sudah disambut dengan berkardus2 daun palma, ternyata daun palma sudah disediakan oleh gereja.. umat tinggal mengambilnya.. tapi anehnya daun palma yang digunakan beda dengan yang di indo... di sini daunnya tajam seperti sejenis tumbuhan pakis.. kenapa ya?? padahal pohon palem juga banyak lho di guangzhou..


palem??

Saat masuk gereja lagu pembukaan sudah dinyanyikan, romo juga sudah ada di altar.. so, kita buru-buru cari tempat duduk dan mempersiapkan diri untuk mengikuti misa..

Misa secara garis besar sih sama dengan yang di indo..
tapi yang ga lazim (menurut aq) ga ada tuh perarakan daun palma (pemberkatan daun palma) jadinya qta juga bingung daun palmanya yang tadi diambil di depan gereja sudah diberkati atau belum.. hahaha..
trus satu lagi, dari pengalamanku di indo pada misa minggu palma perasaan selalu ada pembacaan tentang yesus dielu2kan masuk ke yerusalem. tapi kenapa di sini ga ada ya??

0 komentar:

Posting Komentar