Minggu, 19 April 2009

Perjuangan membuat buku misa

Tau ga apa yang menjadi masalah terbesar anak-anak katolik Indo setiap pergi misa di Guangzhou ini??
Bukan gara2 malas, jauh, ataupun ga bisa bangun pagi. Tapi ada satu masalah mendasar yaitu kendala bahasa.

Ya! kendala bahasa memang menjadi faktor terpenting dalam mengikuti misa. Misa yang dipersembahkan dalam bahasa mandarin dijamin bikin kepala ini puyeng. 听不懂!! Apalagi romonya kalau ngomong cepet banget. Ya iyalah.. kan kita ga lagi di kelas. hehehe..
Jadinya kalo misa biasanya hanya 'berbekal' kata amin..

Nah, biar ga puyeng terus waktu misa, akhirnya aku dan devina berusaha mentranslate teks misa itu. Pertama2 sih kita bawa pulang buku gereja yang berisikan teks misa ma lagu2 (pinjam tanpa ijin sih) padahal buku itu harusnya ga boleh dibawa pulang. Pas bawa pulang uda dilihatin orang lho. Tapi ya cuek aja, abisnya mau gimana lagi..

Sampai di rumah kita bagi tugas, aq bagian translate en devina bagian layout. Satu persatu mengetik hanzi ke komputer. Pekerjaan yang lumayan menyita waktu dan tenaga. Setelah selesai menginput hanzi, tulisan itu diconvert menjadi pinyin. Akhirnya jadi juga meskipun spent waktu sehari semalam. Fuihhh..
Trus bagian devina membuat layoutnya. copy-paste, copy-paste. Jadi deh file yang berisikan 20 halaman.

Saat mencetakpun tiba, kitapun pergi ke tempat print2an di depan sekolah. Nekat aja, padahal ga tau mau bilang apa ma petugasnya. hahaha..
Dengan susah payah kita menjelaskan ke orangnya kalau kitanya tuh pingin nge-print bolak-balik kayak buku, tapi karena misunderstanding en kitanya yang gaptek jadinya di-print satu2.
Karena salah ngeprint petugasnya jadi marah2.. Katanya sih ga usa diprint satu2, langsung bolak-balik juga bisa. Ya uda kita diam aja, abisnya kita juga yang gaptek. hahaha..

Ada berkahnya juga sih, orangnya jadi tau mau kita apa. Akhirnya diprint-in 20 buku. Tapi karena pas itu kondisi tokonya ramai banyak pesanan, dia ga bisa bantu kita ngejilid buku itu. Ya uda mau gimana lagi.. Kita berputar2 ke toko-toko dekat skul mencari staples buat jepret buku. Untungnya, ada satu toko yang menjual staples itu. Dan daripada di Indo, harganya jauh lebih murah, cuma RMB 15.

Sampai di kamar, langsung kita jilid satu-persatu buku itu. Dan hasilnya pun cukup memuaskan. Edisi pertama-pun diterbitkan. hohoho..



Semoga dengan adanya buku ini, bisa mengurangi halangan buat ke gereja. Amin. (hopefully..)

0 komentar:

Posting Komentar