Sabtu, 18 April 2009

Canton fair (1)

Hari ini, Sabtu. 又周末!! hahaha.. Nah, untuk mengisi waktu weekend kali ini, Aku bersama teman2 seperjuangan pergi ke canton fair.

Canton fair adalah pameran industri dan perdagangan internasional. Istilah kerennya Chinese Export Commodities Fair (CECF). Canton fair dilaksanakan dua kali setahun dan tiap pelaksanaan digelar dalam beberapa fase. Canton Fair kali ini adalah yang ke-105 kalinya sejak pertama kali tahun 1957. Inilah pameran yang paling banyak dihadiri pebisnis mancanegara.


acara penyambutan

Tanda-tanda adanya canton fair yang dimulai sejak tanggal 15 lalu itu sudah sangat kerasa, lewat aneka billboard, hotel-hotel memasang spanduk selamat datang, baik itu dengan hanzi maupun Inggris, dan juga counter2 perbelanjaan seperti giordano, bossini, jeanswest berlomba-lomba memberikan diskon.

Kita berangkat jam 9 pagi, sampai di sana kesan adanya pameran akbar makin kental. Belum masuk ke arena pameran sudah banyak perusahaan seperti Alibaba.com dan Madeinchina.com membagi2kan sovenir. Sovenirnya lumayan lho! kantungan besar buat masukin brosur, bolpen, dan kalkulator. Cara mendapatkannya juga mudah, hanya ditukar dengan kartu nama (alias business card).
Dari exit MRT-xingangdong, pengunjung harus mengantre (lumayan panjang sih) dan melewati pemeriksaan ketat agar dapat memasuki halaman gedung lokasi pameran. Hari ini merupakan fase pertama pelaksanaan Canton Fair.


Salah satu tempat regristasi difoto dari lantai atas

Oh ya! jangan harap siapa saja bisa leluasa masuk ke lokasi Canton Fair, kalau tidak menggantungkan ID Card di dada.
Pameran ini memang lebih dikhususkan untuk para pebisnis mancanegara. Itu terlihat saat mengurusan ID Card sebagai tanda masuk. Ratusan pengunjung dari berbagai bangsa antre, membawa paspor, formulir isian dan pasfoto plus kartu nama, buat diproses menjadi ID Card. Berhubung canton fair lalu kita sudah apply ID card, seharusnya bisa langsung masuk sih. Tapi kan ada beberapa anak baru yang belum punya. Jadinya kita mesti tunggu mereka membuat ID card.

Setiap pengunjung dapat dengan mudah memperoleh brosur lengkap dan peta lokasi stand. Meskipun sudah ada peta tersebut, tidak akan cukup waktu sehari mengelilingi seluruh stand. Buesarrrr bangetttt... Bayangkan saja, luas arena pameran mencapai 540.000 meter persegi, di mana 247.500 meter persegi di antaranya adalah ruang pamer dengan 27.000 stand berstandar internasional. Dan yang hebohnya lokasi pameran sudah sebesar itu, tapi pengunjung tetap aja berjubel2.


peta lokasi stand canton fair


suasana di dalam lokasi

Untuk berpindah dari satu gedung ke gedung yang lain, penyelenggara menyediakan mobil lho. Gratis!! Jadi, daripada capek2 jalan kita gunakan fasilitas itu. Sekalian coba2 buat pengalaman hidup..


gratis neh..

Pada fase 1 ini, komoditas yang dipamerkan adalah machinery, bicycles, motorcycles, vehicle spare parts, chemical products, hardware, tools, computer-communication products, household electrical products, building dan decoration materials. Barang2 yang dipamerkan juga cukup unik dan menarik lho.
Namun kita akan kecele jika berharap dapat membeli langsung. Pesanan minimal 1000 biji ataupun per kontainer. Tidak ada retail di sini, kecuali pada saat akhir pameran (hari minggu besok). Besok pasti banyak peserta pameran yang menjual sampelnya karena mungkin berat diongkos kalau dikirim pulang ke pabriknya. Saatnya berhunting ria..

1 komentar: