Rabu, 15 April 2009

Ensiklopedia Makanan - Banmian&jiaozi

Nah kembali seputar makanan yang menarik yang berhasil kutemui. Kali ini aku akan bercerita tentang ban mian 拌面 dan jiao zi 饺子.

Ban mian 拌面
Ban mian di sini adalah mie tipis yang direbus dan dihidangkan dengan bumbu kacang yang dicampur menjadi satu. Untuk menambah kelezatan rasanya kita bisa menambah sendiri cuka dan sambal yang telah disediakan, Saos kacangnya yang kental sangat terasa, sehingga membuat makanan ini terasa gurih dan asin. Makanan ini biasa dimakan bersama jiao zi.



jiao zi 饺子
atau dumpling adalah adonan daging babi atau udang dan sayuran yang dicincang dan dibungkus lembaran tepung terigu. Makanan ini dimatangkan dengan cara direbus. Cara memakan Jiao zi ini: sebelum dimakan jiao zi dicocolkan ke saus kacang terlebih dahulu. Bentuk Jiao zi ini berasal dari bentuk uang jaman dahulu, yaitu Yuan Bao. Bentuk Jiao zi yang menyerupai Yuan Bao yang dipercaya membawa keberuntungan dan Kekayaan.
Di China, membuat dan memakan Jiao zi juga merupakan tradisi yang wajib dilakukan oleh sebuah keluarga pada saat imlek lho..

Jiao zi dan ban mian sangat mudah ditemui di China, baik di depot2 pinggir jalan maupun restoran kelas atas.

0 komentar:

Posting Komentar