Selasa, 14 April 2009

Sekilas tentang kampusku

Statusku di Guangzhou adalah seorang pelajar asing yang mempelajari bahasa mandarin. Sebagai pelajar tentunya tidak asing dengan yang namanya kampus dan asrama. So, Kali ini aku akan bercerita tentang kampus dan asrama tempat tinggalku di perantauan.

KAMPUS
Aku bersekolah di SCNU (South China Normal University) atau dalam bahasa mandarinnya Huanan Shifan Daxue, guoji wenhua xueyuan (化南师范大学,国际文化学院).
Di sini ini , aku bersekolah setiap hari senin sampai jumat. Pelajaran dimulai dari Pk. 8.40 sampai Pk. 12.00. Setiap hari kami mempelajari 2 mata pelajaran yang berbeda. Pelajaran yang diberikan bermacam2, antara lain membaca, menulis, mendengar, dan berbicara dalam bahasa mandarin tentunya.


Tampak depan sekolahku.. (zhengmen)


Tampak depan bangunan kelasku..

Murid di sekolahku berasal dari berbagai negara. Kelasku berisi 20-an orang, asal negaranyapun beragam ada yang dari Korea, Thailand, Vietnam, Jepang, Moroko, Canada, Austria, dan tentu saja Indonesia. Pekerjaan siswanya pun beraneka ragam, ada yang baru lulus SMA, lulus kuliah, diplomat, trader, arsitek, guru bahasa inggris, manajer restoran ternama, bahkan ada juga ibu rumah tangga beranak 5.


kondisi belajar mengajar..

ASRAMA


tampak depan asrama

Kampus menyediakan sebuah asrama untuk mahasiswa asing 留学生. Gedung asrama ini memiliki 13 lantai. Lantai 1-12 merupakan tempat tinggal para siswa, sedangkan lantai 13 dikondisikan sebagai hotel. Biasanya hotel ini disewa oleh orang tua murid, saudara, ataupun teman yang datang mengunjungi.
Akan tetapi di saat ada acara seperti Canton fair sekarang ini, lantai 13pun menjadi jujukan para pengunjung Canton fair. Disamping harganya yang murah (single bed RMB 100, double bed RMB 200), lokasi SCNU sangat dekat dengan stasiun MTR. Kamar para siswa sendiri juga cukup terjangkau yaitu RMB 50/hari untuk single room dan RMB 35/hari/orang untuk double room.

Keadaaan kamarku sendiri memang tidak terlalu luas, malahan bisa dibilang kecil(2mX4m). itupun sudah termasuk balkon dan kamar mandi. Fasilitas yang diberikan oleh asrama adalah AC, TV, dispenser, air, listrik (batas maks 200kwh, kalau lebih ya bayar kelebihannya sendiri). heater tidak disediakan karena memang penggunaan alat pemanasa dan kompor dilarang, sebagai gantinya bisa minta selimut sesuai kebutuhan.


kondisi kamarku


Kasurnya cukup nyaman

Pada lantai 6 dan 10, terdapat sebuah dapur umum dan mesin cuci umum yang dapat digunakan para mahasiswa. Sistem yang digunakan di dapur dan mesin cuci umum ini adalah dengan menggunakan kartu. Kartu ini dapat dibeli di loby asrama, yang setiap digunakan akan dipotong saldonya.


dapur umum

Kali ini sampai di sini dulu. Kalau ada hal lain yang menarik, akan kuceritakan lagi di lain waktu..

3 komentar:

  1. ci, aku baru lu2s smu..
    aku mau banget skul bahasa ke cina..
    tapi aku masih buta bangett tttg cina..
    skul untuk bahsa mandarin yang bagus tapi biayanya gak terlalu mahal dimana ya?
    kalo bisa yang banyak orang mancanegaranya..
    aku butuh info2 dari ci2..
    biaya hidup disana sekitar berapa ya?
    kalo hanya ingin belajr bahasa butuh waktu berapa tahun ya?
    ci ini email aku...
    stella_nathania@hotmail.com
    atau
    nathania_stella@yahoo.com
    aku tunggu info dari ci2 ya...
    sebelumnya salam kenal nih...
    thanx

    BalasHapus
  2. ci, saya boleh tau alamat email ci2?

    BalasHapus
  3. malam ci... ci kebetulan aku pengen banget skolah di SCNU setelah lulus kuliah.. pengen info lbh banyak nih ci dr senior indo di SCNU..Ci, bisa minta lamat YM atau MSN , supaya bisa ngobrol.. thank u y ci.. klo boleh, nnt e-mail di yupoyumiko@gmail.com..
    Xie2 Ci

    BalasHapus